Workshop Pengabdian Kepada Masyarakat Dengan Tema “Pembentukan Desa Binaan Desa Tangguh Air Susu Ibu (Asi)”Di Desa Karang Anyar Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan

Kamis, 16 September sampai dengan Jumat, 17 September 2021 Prodi D-III Kebidanan Jurusan Kebidanan Poltekkes Tanjungkarang telah melaksanakan kegiatan Workshop Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Karang Anyar, Kecamatan Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan.

Kegiatan Worksho Pengabdian kepada Masyarakat tersebut dihadiri oleh Koordinator Penyelenggaraan Pendidikan bapak Akemat S.Kp., M.Kes. selaku perwakilan dari BPPSDM Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI., Ketua Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan, Camat Jatiagung, Kepala UPT Puskesmas Karang Anyar, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, Direktur Poltekkes Tanjungkarang, Ketua Jurusan Kebidanan Tanjungkarang, dan Kepala Desa Karang Anyar.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan visitasi tim penilai yang terdiri dari perwakilan BPPSDMK, UNFPA, IBI Pusat, dan AIPKIND pada tanggal 15 April 2019, yang menetapkan bahwa Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang ditetapkan sebagai salah satu institusi pendidikan kebidanan yang ditunjuk menjadi Center of Excellence dalam bidang Manajemen Laktasi.Center of Excellence dalam bidang Manajemen Laktasi  ini diterapkan oleh seluruh civitas akademik Prodi DIII Kebidanan Tanjungkarang dalam kegiatan pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Salah satu program yang dilaksanakan berkaitan dengan pengabdian masyarakat yaitu pembentukan Desa Binaan Tangguh ASI. Hal ini dilakukan untuk membantu program pemerintah dalam hal pencapaian ASI Eksklusif di wilayah Provinsi Lampung. Hasil laporan Kinerja Dinkes Provinsi Lampung tahun 2019, menunjukan dari tahun 2016-2019 cakupan ASI Eksklusif terus mengalami penurunan. Cakupan ASI Eksklusif tahun 2015 sebesar 82,9% dan tahun 2019 menurun menjadi 58,4%. Data ini didukung dari data kabupaten/Kota di Lampung yang juga mengalami penurunan dalam pencapaian ASI Eksklusif. Tahun 2019, Kabupaten yang memiliki capaian terendah dalam ASI Eksklusif yaitu Kabupaten Lampung Selatan dengan capaian ASI Eksklusif sebesar 41,7% dan Kabupaten yang memiliki capaian tertinggi yaitu Kabupaten Pringsewu sebesar 77,6%. Oleh karena itu sasaran daerah binaan adalah wilayah Kabupaten Lampung Selatan di Desa Karang Anyar kec. Jati Agung.

Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk Desa Binaan  Tangguh ASI sebagai Desa percontohan dalam penerapan manajemen laktasi agar pemberian ASI eksklusif dan Pemberian  ASI hingga 2 tahun atau lebih bagi anak dapat terpenuhi melalui pemberdayaan masyarakat yaitu pembentukan Kelompok Pendukung ASI (KP-ASI) dan Ayah ASI.

Adappun para peserta kegiatan tersebut terdiri dari Kader, Ibu menyusui, Bidan desa, Perawat, Aparat Desa, Ayah ASI dan peserta dari Poltekkes Tanjungkarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *