Pencanangan Gebyar Tanam, Konsumsi Kacang, Kelor dan Katuk (GERTAK KAKEK)

Center Of Excelence (COE), Pusat Unggulan Manajemen Laktasi Prodi D-III Kebidanan, Jurusan Kebidanan Poltekkes Tanjungkarang mengadakan kegiatan GERTAK KAKEK (Gebyar Tanam, Konsumsi Kacang, Kelor dan Katuk) bagi Ibu hamil dan menyusui. Kegiatan ini diselenggarakan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggakran pada hari Kamis, 1 September 2022 yang berlokasi di Puskesmas Karang Anyar, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan.

Pada acara Pembukaan Gertak Kakek tersebut dihadiri oleh Duta Swasembada Gizi Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, Perwakilan Direktorat Jendral Tenaga Kesehatan, Perwakilan Global Affair Canada (GAC), Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Direktur Poltekkes Tanjungkarang, Plt. Camat Jati Agung, dan aggota DPRD Kabupaten Lampung Selatan.

Ketua Jurusan Kebidanan Poltekkes Tanjungkarang Dr. Sudarmi, S.Pd., M.Kes., selaku Ketua Panitia penyelenggara menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menggerakan pemberian Asi Eksklusif dikarenakan persentase pemberian ASI eksklusif di Karang Anyar masih di bawah angka Nasional. Maka dari itu dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan persentase pemberian ASI eksklusif tersebut dengan target di atas angka nasional, ungkapnya. Beliau juga menyampaikan bahwa Jurusan Kebidanan Poltekkes Tanjungkarang memiliki komitmen untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat untuk membantu masyarakat sadar akan pemberian ASI eksklusif agar bayinya terhindar dari stunting.

Direktur Poltekkes Tanjungkarang Warjidin mengatakan, kegiatan itu sebagai upaya menanggulangi stunting dengan memberikan gizi yang baik untuk ibu hamil dan menyusui. Dia mengatakan, di jurusan Kebidanan Poltekkes Tanjungkarang mempunyai klinik Laktasi yang diperuntukan ibu menyusui.

Perwakilan Direktorat Jendral Tenaga Kesehatan juga menyampaikan angka kematian ibu di Indonesia cukup tinggi, 305/100 ribu setiap kelahiran. Kami sedang berupaya mengejar angka 70/100 ribu setiap kelahiran, katanya. Menurutnya, dunia kebidanan berperan penting dalam memberikan edukasi dan asuhan kepada ibu hamil untuk menekan angka kematian ibu.

Pada kesempatan itu, Duta Swasembada Gizi Lamsel Winarni berterimakasih kepada Poltekes Tanjungkarang yang telah membantu menggerakkan para ibu memberikan asi eksklusif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.