Seminar Online Kebidanan, “Mewujudkan Kehamilan Bahagia Menuju Persalinan Minim Trauma Dengan Gentle Birth Balance”

Telah berlangsung Seminar Online Kebidanan pada hari minggu 14 Januari 2024 yang diselenggarakan melalui platform Zoom Meeting. Tema Seminar Kebidanan ini adalah “Mewujudkan Kehamilan Bahagia Menuju  Persalinan Minim Trauma Dengan Gentle Birth Balance “. Seminar online ini diikuti kurang lebih 310 peserta dari berbagai daerah di Indonesia yaitu Poltekkes Tanjungkarang, Poltekkes Semarang dan  Universitas Respati Yogyakarta.

Pembukaan seminar online ini dibuka oleh Ibu Direktur Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang Ibu Dewi Purwaningsih, S.Si.T.,M.Kes yang diwakili oleh ibu Dr.Sudarmi, S.Pd.,M.Kes selaku Ketua Jurusan Kebidanan Tanjungkarang. Dalam sambutannya beliau mensupport kegiatan seminar online yg diprakarsai oleh HMJ Jurusan Kebidanan Tanjungkarang. Kegiatan-kegiatan ilmiah untuk peningkatan pengetahuan mahasiswi dalam mengupdate ilmu kesehatan terbaru tentang kebidanan kiranya bisa dijadikan tradisi dalam menciptakan suasana akademik bagi mahasiswa Poltekkes Tanjungkarang, khususnya Jurusan Kebidanan Tanjungkarang.

Dalam seminar online ini dibahas tentang mewujudkan kehamilan bahagia menuju minim trauma dengan gentle birth balance yang disampaikan oleh Dr. dr. Ratna Dewi Puspita Sari, Sp.OG. Materi ini membahas tentang beberapa cara untuk penanganan untuk mengurangi nyeri saat persalinan seperti acupunture, metode ILA (Intratechal Labor Analgesia), dan Transcutaneus Elektrical Nerve Stimulation (TENS). Beberapa kelebihan dan kekurangan metode untuk mengurangi rasa nyeri saat persalinan telah dijelaskan oleh pemateri. Salah satu metode yang paling sering digunakan saat ini adalah ILA di rumah sakit saat ibu persalinan normal.

Kemudian pemateri selanjutnya yaitu Dr. Ika Fitria Elmeida, S.Si.T., M.Keb membahas tentang kesiapan perempuan yang akan menghadapi persalinan mendambakan proses persalinan yang aman, nyaman, lembut, dan minim rasa sakit sehingga manjadikannya sebagai salah satu kebutuhan ibu yang akan menghadapi persalinan. Dalam hal itu Gentle Birth menjadi metode melahirkan dengan pendekatan holistik yang ramah, menjunjung tinggi kearifan persalinan yang merujuk pada prinsip alam dan dilakukan pada lingkungan yang bersahabat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *